Thursday, December 15, 2011

Resensi serial kartun : Sponge Bob Squarepants , Aku Siap Aku Siap

Aku siap, aku siap , kalimat yang sudah taka sing lagi di telinga kita. Kalimat yang identik dengan seekor hewan laut yang bernama SpongeBob,. Sebenarnya apa sih spongebob itu? Mungkin pada awalnya kita akan sedikit bingung mendefinisikan SpongeBob, banyak dari penonton yang mengira bahwa sponge adalah sebuah tumbuhan laut, begitu juga dengan saya. Namun setelah belajar biologi di sekolah saya jadi mengerti bahwa SpongeBob sebenarnya adalah seekor hewan laut.

Serial kartun yang lain daripada yang lain ini mampu menarik perhatian banyak kalangan berbagai usia di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Nah kenalan yuk demean pencipta si SpongeBob dan kawan-kawan.
Kartun ini pertama kali ditayangkan di Amerika Serikat pada tahun 1999 oleh seorang animator sekaligus ahli biologi laut Stephen Hillenburg , dia adalah seorang mantan guru IPA yang juga pernah bekerja di salah satu restoran seafood sama seperti SpongeBob.  Serial ini diterbitkan oleh perusahaannya sendiri yaitu United Plankton Picture Inc.  ini dia si pencipta SpongeBob beserta kawan-kawan



Ide untuk membuat karakter spongebob ini muncul karena dia menganggap Sponge adalah makhluk paling aneh yang ada di muka bumi. Pada awalnya SpongeBob diciptakan demean nama SpongeBoy tapi karena nama tersebut sudah terlalu umum Hillenburgpun mengubahnya menjadi SpongeBob. Dikisahkan SpongeBob dan kawan-kawan tinggal di bawah laut, di sebuah kota yang bernama Bikini Bottom.
Beberapa tokoh yang ada dalam kartun SpongeBob :


SpongeBob SquarePants      





Seekor Spons yang tinggal di dalam rumah nanas bersama siput peliharaannya yang bernama Gary. SpongeBob digambarkan sebagai tokoh yang periang, sedikit aneh , namun suka menolong siapa saja. Bentuknya kotak dan berwarna kuning, tidak mirip dengan spons yang sesungguhnya. Pengisi suara khas SpongeBob adalah si bajak laut yang terkadang muncul di beberapa serial SpongeBob bersama burung kesayangannya. Bajak laut tersebut adalah Tom Kenny.



Patrick Star



                                                                                                                 
Seekor bintang laut konyol yang merupakan sahabat baik SpongeBob, Patrick digambarkan sebagai tokoh yang malas dan paling bodoh di Bikini Bottom, tinggal di sebuah rumah batu yang  aneh. Pengisi suara Patrick adalah Bill Fargebakke




Squidward Tentacles



Merupakan tetangga SpongeBob dan Patrick yang juga teman kerja SpongeBob di Krusty Krab. Memiliki watak yang cuek dan tidak peduli, suka memanjakan diri dan kaku. Squidward sangat mencintai dunia seni meskkipun karya-karyanya tidak ada yang terkenal.Pengisi suaranya adalah Rodger Bumpass.

Tokoh-tokoh lain yaiti Mr.Krab , Pemilik Krusty Krab, dikenal sebagai tokoh yang sangat pelit. Kemudian ada Plankton yang merupakan musuh bebuyutan Mr. Krab yang sejak dulu ingin mencuri resep rahasia Kraby Pattie namun tidak pernah berhasil. Dan ada juga Sandy Chick, seekor tupai yang tinggal di bawah laut dalam rumah kacanya. Karena ceritanya yang sangat kocak dan keluar dari kenyataan dan nalar serial kartun ini digemari oleh banyak orang dari berbagai macam usia. Selain itu banyak pesan-pesan kehidupan yang bisa kita dapat dari serial kartun ini. Namun akhir-akhir ini banyak penelitian yang menyebutkan bahwa serial kartun ini tidak baik untuk anak prasekolah, anak yang menonton SpongeBob cenderung menjadi tidak konsentrasi, hal ini dikarenakan otak mereka belum bisa mencerna banyak fantasi dalam rentang waktu yang cepat.

4 comments:

  1. Overall dah abgus sip2...
    Visit my blog too, Ok?

    ReplyDelete
  2. wahh thanks... okee pak bos,
    _
    Wah iyya hend patrik memang lucu apalagi karena kopolosan dan kebodohannya itu xD , kartun yang super konyol dan tidak masuk akal

    ReplyDelete
  3. oh baru tau kalo si bajak laut itu tom kenny, kirain beda sama yang ngisi suaranya

    ReplyDelete