Tuesday, December 13, 2011

Air, Api, Tanah, Udara ,Yang Manakah Anda?



Mengenal diri sendiri adalah hal yang susah susah gampang untuk dilakukan. Banyak orang yang lebih mengenal orang lain daripada dirinya sendiri, mereka tahu siapa mereka namun terkadang belum bisa memahami diri mereka sendiri sehingga terkadang mereka tidak bisa menyelesaikan masalah-masalah dalam diri mereka.
Secara umum tipe kepribadian manusia dibagi menjadi empat jenis, yaitu tipe koleris, sanguinis, plegmatis, dan melankolis. Pada dasarnya setiap manusia tidak memiliki secara mutlak satu dari empat tipe tersebut dalam diri mereka, namun secara garis besar atau keseluruhan mereka lebih condong ke salah satu tipe kepribadian tersebut. Kira-kira sifat anda lebih condong ke yang mana ya? Untuk mengetahui hal tersebut mari kita bahas satu-satu.

Pertama adalah tipe koleris, orang yang koleris dilambangkan dengan api. Mereka adalah orang-orang yang cenderung memiliki bakat memimpin, berkuasa, dan memiliki kemauan yang sangat keras. Orang yang koleris cenderung otoriter dan individualis, maksudnya dia lebih senang menyelesaikan tugas-tugasnya sendiri daripada dibantu oleh orang lain, bahkan dia juga sering mengambil alih tugas bawahannya. Orang yang koleris cenderung kuat dan tangguh, tidak mudah menyerah dan memiliki kemauan yang keras, semua harus diusahakan semaksimal mungkin dan dia cenderung menginginkan hasil yang sempurna. Orang yang koleris cenderung aktif dan tanggap dan tidak suka bergantung pada orang lain. Dia memiliki wibawa dan cenderung suka memerintah.

Tipe kedua adalah sanguinis, seseorang dengan tipe sanguinis adalah golongan orang-orang yang populer, suka berbicara, suka dilihat oleh orang banyak, dan cenderung agak narsis. Orang-orang dengan tipe ini sering membawa keceriaan dalam suatu pembicaraan, membuat suasana lebih menyenangkan dan meriah. Mereka suka diperhatikan atau menjadi pusat perhatian, dan tentunya memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Orang-orang sanguinis selalu bisa menghibur, namun terkadang juga menonjolkan dirinya sendiri. Orang dengan tipe ini dilambangkan dengan udara.

Tipe berikutnya adalah plegmatis. Plegmatis adalah orang-orang yang terlihat tenang dan damai, mereka adalah orang-orang yang menaggapi semuanya dengan perasaan yang tenag. Orang plegmatis  cenderung bisa menjadi pendengar yang baik. Mereka cenderung pendiam namun mereka tergolong orang-orang yang pemikir. Orang plegmatis biasanya lebih suka bekerja di belakang layar daripada tampil di depan umum. Mereka cenderung cuek akan segala perubahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Namun orang-orang plegmatis bisa menjadi teman yang baik, karena selalu bisa mendengarkan yang ingin kita utarakan. Plegmatis dilambangkan dengan air.

Yang terakhir adalah tipe melankolis. Orang-orang dengan tipe melankolis adalah mereka yang peka dan mudah tersentuh hatinya dengan keadaan di sekitarnya. Mereka memang cenderung introvet atau tertutup. Orang-orang melankolis biasanya cenderung setia. Mereka sangat menyukai keindahan atau bahkan menonjol  dan memiliki bakat di bidang seni. Namun, orang -orang melankolis biasanya pesimis dan menerima semuanya apa adanya. Mereka terkadang sulit menerima perubahan. Dan seringkali merasa dihantui perasaan bersalah yang berlebihan jika suatu hal buruk menimpa dirinya atau orang lain. Orang-orang tipe ini cenderung puitis dan terkadang perfectionist. Melankolis dilambangkan dengan tanah.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai empat tipe kepribadian manusia, pada dasarnya manusia tidak hanya memiliki salah satu tipe tersebut. Tidak ada orang yang sepenuhnya bertipe koleris, sanguinis, melankolis, atau plegmatis, hanya saja sifat mana yang palin dominan dalam diri mereka.

Nah sekarang sudah bisa mengoreksi kan anda masuk dalam elemen yang mana api, air, udara atau tanah.

2 comments: