Friday, December 16, 2011

Arsitektur Bawah Air

Sore ini tak sengaja saya membuka kaskus dan membaca sebuah Hot Tread (HT) yang cukup menarik menurut saya, yaitu tentang arsitektur hijau atau green architecture , mungkin hal ini terdengar biasa mengingat seluruh penjuru dunia sekarang ini sedang gencar mengkampanyekan green living, ramah lingkungan, stop pemanasan global dan lain sebagainya. Setelah selesai membaca artikel tersebut saya mencoba mencari  sumbernya dan akhirnya saya menemukan sebuah website http://www.ecofriend.com dan disini saya menemukan sebuah artikel yang lebih menarik lagi yang akhirnya saya share di tulisan kali ini. Artikel tersebut berjudul Underwater Architecture atau Arsitektur Bawah Air. Sangat menarik bukan. Nah sekarang mari kita lihat seperti apa sih arsitektur bawah air itu, apa bisa manusia hidup dalam kondisi seperti itu, seperti halnya dalam film-film fantasi atau animasi. 

Desain arsitektur pemukiman atau lebih tepatnya kehidupan manusia di bawah air ini memang sangat unik dan menarik. Di atas permukaan air laut diapungkan beberapa buah benda mirip tabung yang terbuat dari bahan tertentu. Pada dasar bangunan diberikan lempengan-lempengan yang bberfungsi sebagai pemberat dan penyeimbang bangunan. Benda mirip tabung tersebut berbentuk bertingkat-tingkat, dimana bagian paing atas ditanami berbagai macam tumbuhan, untuk menangkap cahaya matahari dan sebagai tempat berlangsungnya proses transpirasi, selain itu bagian atas juga berfungsi sebagai tempat hidup berbagai macam satwa. Sedangkan bagian bawah terdapat tingkat-tingkat yang memiliki berbagai macam fungsi, yaitu sebagai tempat tinggal atau pemukiman penduduk, kantor atau tempat kerja, fasilitas olahraga, dan berbagai kegiatan lainnya. Berikut adalah ilstrasinya :


Cukup unik dan menarik bukan. Kelebihan dari arsitektur bawah air ini adalah selalu tersedianya kebutuhan makanan mengingat laut memiliki ketersediaan pangan yang cukup melimpah. Kebutuhan pangan bisa dipenuhi dengan berbagai macam cara, misalnya dengan aquaculture, pertannian yang dapat di lakukan di bagian atas, serta pertanian dengan cara hidroponok. Selain itu tersedianya energi yang ramah lingkungan dan lebih higienis, misalnya energi listrik yang bisa diperoleh dari tenaga gelombang laut. Konsep arsitektur ini akan mampu memenuhi kebutuhan manusia dari berbagai macam sumber energi yang hampir tidak ada batasnya.



Suatu tampilan desain yang cukup mengagumkan. Sangat menyenagkan jika kita bisa tidur sambil melihat berbagai macam keindahan bawah laut, bahkan akan sanagt menyenangkan jika kita bisa melihat ikan-ikan ganas seperti hiu hanya beberapa centimeter dari mata kita.
Meskipun begitu konsep arsitektur yang seperti ini masih memiliki banyak kekurangan, salah satunya adalalah ancaman badai serta sistem transportasi yang belum bisa digunakan dalam kondisi yang seperti ini. Kekurangan lainnya adalah kelembaban bawah air yang cukup tinggi. Nah masih perlu dikoreksi lagi kekurangan-kekurangan tersebut sehingga arsitektur bawah air ini kelak bisa benar-benar tercipta.
Ide ini juga merupakan salah satu usaha untuk mengurangi efek global warming yang nampaknya saat ini masih menjadi perhatian dan Hot Topic di penjuru dunia. 

Jadi marilah mulai sekarang kita gali terus ide-ide kreatif sehingga muncullah inovasi-inovasi menarik serta solutif untuk mengurangi ancaman pemanasan global.

Ide-ide unik dan menarik lainnya dapat anda lihat di website berikut http://www.ecofriend.com , semoga menginspirasi. 



1 comment: