Friday, December 16, 2011

Seni Berkomunikasi




Seni, apa yang ada di benak anda saat pertama kali mendengar kata seni? indah, musik, lukisan, patung? Bagaimana dengan seni berkomunikasi? Mungkin kata tersebut sedikit asing di telinga kita. Seni berkomunikasi, seperti halnya saya yang hari ini juga baru tahu kalau berkomunikasi itu juga membutuhkan unsur seni. Jadi tidak hanya lukisan, musik atau lagu saja yang mengandung unsur seni.
Berkomunikasi merupakan suatu kegiatan yang sudah sangat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari, komunikasi adalah cara yang kita gunakan untuk  menyampaikan suatu pesan tertentu kepada orang lain maupun pada diri kita sendiri. Maksudnya disini komunikasi tidak hanya dilakukan oleh seseorang kepada orang lain atau komunikasi intra personal, tapi komunikasi juga dilakukan oleh seseorang pada dirinya sendiri, contohnya saat kita membatin sesuatu, komunikasi pada diri sendiri disebut komunikasi personal. 

Seni komunikasi merupakan unsur penting dalam public speaking atau berbicara di depan umum. Dengan seni komunikasi kita bisa mengurangi dampak negatif atau hal-hal negatif saat kita menyampaikan pesan kepada orang lain, serta bisa menonjolkan nilai plus atau nilai positif yang ada dalam diri kita maupun dalam topik yang kita bicarakan. Dengan seni komunikasi toppik pembicaraan yang biasa bisa menjadi luar biasa dan topik pembicaraan yang luar biasa bisa menjadi lebih luar biasa lagi. 

Hal yang perlu diperhatikan saat kita berbicara di depan orang banyak adalah bagaimana kita bisa menjadi pusat perhatian pendengar, bagaimana kita bisa menumbuhkan daya tarik dari dalam diri kita sendiri sehingga para audience bisa mengikuti alur pembicaraan serta menagkap pesan yang ingin kita sampaikan. Itulah mengapa seni berkomunikasi menjadi hal yang mutlak ada dalam public speaking. Seni berkomunikasi yaitu memperhatikan vocal, verbal, dan visualisasi, ketiga hal tersebut jika diolah dengan baik akan menghasilkan suatu cara berkomunikasi yang luar biasa. Selain itu jadilah diri anda sendiri, tidak perlu meniru-niru gaya bicara orang-orang yag sudah tenar dan sering muncul di TV. Dengan berbicara sesuai gaya anda, anda akan mudah diingat, karena pada dasarnya setiap orang mempunyai ciri khas masing-masing. Pilihlah kata-kata yang indah namun tidak mengaburkan makna serta pesan yanng ingin disampaikan. Mainkan intonasi kata per kata, dengan intonasi kata yang tepat, para audience akan terhipnotis dan benar-benar masuk ke dalam kisah atau topik yang sedang kita bicarakan. Hal terakhir yaitu atur pernafasan, dengan pengaturan pernafasan yang baik, anda akan mampu membawakan topik pembicaraan dengan stabil dari awal hingga akhir acara.

Anda bisa disebut sebagai pembicara yang sukses jika audience mampu menangkap pesan yang anda sampaikan serta mau memberikan feedback kepada kita, entah berupa pertanyaan , kesan pesan, maupun berupa tepuk tangan.
Itulah sedikit hal tentang seni berkomunikasi dan tips-tips berbicara di depan umum.

Jadilah orang yang berilmu dan mampu menyampaikan ilmu tersebut kepada orang lain :D

1 comment: