Sunday, November 20, 2011

Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah, SI Road to PIMNAS, bisa . . .!!

Babak Satu
Sabtu  19 November 2011 kemarin, jurusan Sistem Informasi mengadakan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah atau yang lebih sering disebut dengan PKTI. Acara yang berlangsung mulai dari jam 07.00 pagi sampai dengan jam 4 sore ini menghadirkan beberapa orang yang sudah punya banyak pengalaman dalam penulisan karya tulis ilmiah. Acara ini diadakan sebagai tonggak awal untuk memotivasi mahasiswa baru Sistem Informasi agar mempersiapkan diri untuk PIMNAS PKM-GT tahun 2012 nanti.

Dengan jargon, SI road to PIMNAS, bisa!!, para mahasiswa baru terlihat antusias dan bersemangat mengikuti acara ini. Pada sesi awal acara, dihadirkan seorang pembicara yang sudah tak asing lagi dalam  hal penulis karya tulis ilmiah,  Achmad Ferdiansyah atau yang biasa dipanggil mas Ferdi, alumni jurusan Teknik Kimia ITS yang juga merupakan seorang entrepreneur muda yang sukses dan kreatif. Mahasiswa dibekali banyak motivasi dan pengalaman-pengalaman beliau selama mengikuti perlombaan karya tulis ilmiah dan juga kesuksesan beliau sebagai seorang entrepreneur. "Hal penting yang perlu diperhatikan dalam menulis karya tulis ilmiah adalah memunculkan ide yang kreatif dan  mencoba berfikir out of the box, mencari permasalahan yang tidak dilihat oleh orang lain dan  mencoba menemukan solusinya", terang Mas Ferdi. Selain diberi motivasi, mahasiswa juga diberi pengarahan mengenai format penulisan PKM-GT . Pada akhir acara, mahasiswa diminta untuk menuliskan  sebuah  ide PKM-GT kemudian membuatnya dalam bentuk mind map. Beberapa mahasiswa juga diminta untuk mempresentasikan idenya di depan teman-teman yang lain.
Pelatihan yang akan berlangsung selama dua hari ini diharapkan bisa memacu semangat mahasiswa baru sistem informasi untuk ikut  memeriahkan PIMNAS tahun 2012 nanti.

2 comments: