Sunday, November 20, 2011

Pelatihan Karya Tulis Ilmiah ( Babak Kedua )


Sabtu 20 November 2011 adalah hari kedua pelaksanaan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah ( PKTI ) di jurusan Sistem Informasi ITS. Meskipun pada hari kedua ini jumlah peserta yang hadir lebih sedikit jika dibandingkan pada hari pertama, namun peserta yang keseluruhannya adalah mahasiswa baru ini terlihat masih antusias dan bersemangat. Materi yang disajikan pada hari kedua lebih berat, karena peserta harus mempaktikkan langsung materi yang disampaikan oleh pemateri.
Seperti biasa, sebelum materi dimulai peserta diajak untuk sedikit pemanasan seperti game-game ice breaking, senam pembukaan yang bisa menggugah semangat, maupun kegiatan-kegiatan lain yang membuat peserta tetap fokus terhadap materi yang disampaikan pembicara. Hari ini peserta benar-benar dimotivasi untuk membuat karya tullis dan ikut berpartisipasi dalam PKM-GT 2012 di Yogyakarta.  Materi yang disajikan hari ini adalah memperdalam format penulisan PKM-GT dan materi tentang teknik presentasi yang baik. Para pembicaranyapun tidak kalah hebat dengan pembicara-pembicara sebelumnya.

Beberapa hal penting yang diulas hari ini dalam membuat PKM-GT antara lain menghindari pengulangan kalimat, karena pembaca akan merasa bosan dan menganggap kita tidak kreatif jika terlalu banyak menggunakan kalimat-kalimat yang sama. Membuat kerangka karangan trelebih dahulu agar tulisan kita terkonsep dan terarah. Dan pengolahan kata yang terstruktur.

Untuk materi presentasi sendiri peserta diajak untuk mempraktikkan langsung di depan kelas, dengan simulasi peserta lain menjadi audience dan pembicara menjadi juri. Meskipun tidak semua kelompok yang tampil di depan kelas, namun secara keseluruhan, peserta yang berani tampil untuk presentasi sudah mampu menunjukkan performa yang baik.

Pada akhir acara diumumkan tim yang menjadi juara sebagai tim dengan mind map terfavorit dan juga tim dengan ide paling kreatif. Pelatihan karya tulis ilmiah ini diharapkan akan berkelanjutan, tidak hanya dua hari ini, namun akan terus berlangsung sampai mendekati hari H PIMNAS 2012. Maka dari itu ristek BEM Sistem Informasi akan terus melakukan pembimbingan pada para mahasiswa baru mulai bulan November hingga akhir Desember 2011 nanti.

2 comments: