Monday, November 21, 2011

Bagaimana cara berpresentasi yang baik?

            Sudah pernahkah anda berpresentasi ? Apakah anda masih merasa gugup saat berpresentasi? 


Di era konseptual seperti ini, presentasi adalah hal yang sangat lumrah dilakukan. Mulai dari pelajar hingga orang kantoran tidak pernah lepas dari kegiatan presentasi. Mulai dari pesentasi materi pelajaran, tugas akhir, presentasi proyek dan lain sebagainya. Presentasi memang hal yang cukup efektif untuk memberikan informasi secara dua arah kepada orang lain. Namun, tahukah anda bagaimana caranya agar presentasi tersebut bisa efektif?


           Presentasi dikatakan efektif jika semua audience fokus dan memberikan feedback terhadap materi yang kita sampaikan. Ketika anda berpresentasi dan ada beberapa audience yang tidur, maka presentasi anda dikatakan belum efektif, dan anda tak ubahnya sama seperti seorang pendongeng. 
Lalu bagaimanakah caranya agar presentasi kita bisa efektif ? 
Untuk menyajikan presentasi yang baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 
Pertama, kita harus memahami hal-hal yang dibutuhkan sebelum presentasi. Beberapa hal penting yang perlu digaris bawahi sebelum berpresentasi antara lain :


  • Mengetahui siapa audience kita, pasti akan berbeda teknik yang kita gunakan saat berpresentasi di     depan teman sebaya dengan saat kita berpresentasi di depan dosen. Saat berpresentasi di depan dosen, kita pasti akan menggunakan bahasa yang lebih formal.
  • Memperkuat gagasan, maksudnya kita harus benar-benar menguasai materi yang kita sampaikan kepada audience, dan ketika audience bertanya kita harus bisa menjawab.
  • Mempersiapkan media presentasi semaksimal mungkin. Hal ini dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan teknis saat presentasi berlangsung.


Setelah mempersiapkan semua hal penting saat berpresentasi, hal berikutnya adalah teknik kita saat berpresentasi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berpresentasi adalah :


  • Fokuskan perhatian anda kepada audience, anda sebaiknya melakukan interaksi langsung dengan audience. Ajak audience berdialog, agar ikut masuk dalam materi yang kita sajikan. Jangan hanya terpaku pada slide, apalagi membelakangi audience.
  • Sampaikan informasi dalam bentuk alur cerita. Jadi disini anda bisa sedikit bercerita tentang kisah-kisah terdahulu atau tentang kondisi riil saat ini terkait dengan materi yang anda sajikan.
  • Perhatikan waktu presentasi. Jangan berpresentasi melebihi waktu yang ditentukan. Apalagi jika presentasi kita terkait presentasi suatu karya yang dilombakan.
  • Buatlah audience tertarik dengan materi yang kita sajikan. Jangan berpresentasi secara monoton, tambahkan sedikit game , lelucon atau hal-hal lain yang tidak membuat adience bosan.
        Selain beberapa hal di atas, yang perlu diperhatikan dalam presentasi adalah konten (isi) slide presentasi. Sebaiknya teks dalam satu slide tidak lebih dari enam baris, tambahkan gambar agar lebih menarik dan ukuran teks minimal 30 pt. 

No comments:

Post a Comment