Sunday, November 27, 2011

KOPIKO, Permen Asli Indonesia yang Sudah Mendunia

Sudah tahu permen kopiko bukan? Permen kopiko merupakan merk permen kopi yang diproduksi oleh PT. Mayora. Permen Kopiko merupakan permen yang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat. Dimana-mana kita mendengar orang menyebut Kopiko, dimana-mana kita melihat orang menjual permen Kopiko. Dengan rasa kopi yang sangat khas dan konsisten, kopiko berhasil meyihir lidah para penyuka permen atau bahkan para penyuka kopi. Nah, selain terkenal di negeri sendiri ternyata nama kopiko sudah cukup terkenal di negeri orang. Bahkan keuntungan yang didapat dari menjual permen kopiko di luar negeri jauh lebih besar dibandingkan dengan menjual kopiko di dalam negeri. Kopiko telah menguasai pasar permen baik nasional maupun internasional. Meskipun banyak merk-merk permen kopi yang semakin bermunculan, namun nama Kopiko tetap menjadi nomor satu karena sudah menjadi brand yang top of mind bagi masyarakat. 
Kopiko dijumpai di toko dan swalayan di berbagai negara antara lain di Belanda, Jerman, Australia, Thailand, Malaysia, Filiphina, Arab Saudi, Meksiko, hingga Afrika Selatan. Bahkan kopiko sudah memiliki pabrik pengolahan kopi sendiri di Australia.
Apa yang menyebabkan kopiko bisa bertahan?
Kopiko merupakan pioner permen kopi di Indonesia. Kopiko menjadi brand permen kopi pertama di Indonesia atau bahkan di dunia, hal inilah yang yang menyebabkan kopiko tetap bisa bertahan di level atas. Masyarakat sudah terlanjur mengenal kopiko lebih dulu darpada merk permen kopi yang lain, sehingga citra kopiko sebagai permen kopi terbaik sudah terlanjur tertanam dalam benak masyarakat. Hal kedua yang menyebabkan kopiko mampu bertahan adalah PT. Mayora tidak memproduksi produk permen kopi lain selain kopiko, hal itu mencerminkan konsistensi PT. Mayora untuk terus mengembangkan kopiko dan untuk menguasai pasar yang lebih luas. 
Kopiko yang dijual di luar negeri memiliki varian rasa yang lebih beragam, bahkan varian rasa tersebut mungkin tidak akan kita dapatkan di Indonesia. Kopiko memang benar-benar permen kopi nomor satu di dunia, bahkan di salah satu official site kopiko di luar negeri terdapat tulisan :
The world's number one coffee candy, made with the finest real Java coffee beans!  

Nah, berikut adalah varian rasa permen kopiko yang dijual hingga ke penjuru dunia :



Kopiko brown kopi dan kopiko capuccino,  varian rasa kopiko yang menyihir lidah orang kulit putih


Citra produk Indonesia yang buruk di mata konsumen luar negeri, bahkan konsumen lokal tidak membuat kopiko berkecil hati, justru hal tersebut membuat kopiko semakin gencar melakukan promosi dan mengembangkan inovasi.
Selain kopiko, masih banyak lagi produk-produk asli Indonesia yang sudah terkenal hingga ke manca negara.
Jadi tak perlu ragu lagi membeli produk buatan negeri sendiri.

2 comments:

  1. keren, baru tahu kalo pt mayora milik indonesia,... nyari tentang kopiko ato mayora gara-gara potonya ada di korea,... makin cinta nih ma indonesia

    ReplyDelete