Sunday, November 27, 2011

Mengenal Gelombang Otak



Otak merupakan organ yang sangat vital bagi manusia. Otak adalah pusat pengendali seluruh aktivitas manusia, baik yang disadari maupun yang tidak disadari. Sebagai organ vital, otak memiliki peran yang sangat penting sehingga harus dijaga dengan baik. Nah, tahukah anda di otak juga terdapat berbagai macam gelombang yang masing-masing berfungsi di saat-saat tertentu. Jadi, tidak hanya bunyi, radio, atau televisi saja yang memiliki gelombang, otakpun juga tak mau kalah.
Gelombang apa sajakah yang terdapat di otak?
Di otak kita terdapat empat macam gelombang, yaitu gelombang alfa, beta, teta, dan delta. Nama-nama gelombang tersebut mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena pernah kita temui dalam mata pelajaran fisika saat SMP atau SMA. Sekarang mari kita bahas satu-persatu empat gelombang tersebut.
Yang pertama adalah gelombang beta, gelombang beta merupakan gelombang yang frekuensinya paling tinggi. Gelombang ini merupakan gelombang yang kita gunakan dalam keadaan normal, berinteraksi, dan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Gelombang beta dapat mendukung proses kreatif, namun jika gelombang ini tidak didukung oleh gelombang-gelombang otak yang lain, akan mengakibatkan ketegangan atau kekhawatiran yang berlebihan.
Gelombang otak yang kedua adalah gelombang alfa, gelombang ini memiliki frekuensi yang lebih rendah darpada gelombang beta. Gelombang ini berperan saat seseorang dalam keadaan fokus dan berkonsentrasi tinggi. Misalnya saat bermain game, membaca atau kegiatan-kegiatan lain yang memerlukan konsentrasi tinggi. Gelombang alfa sangat penting, karena berperan sebagai penghubung antara alam sadar dengan alam bawah sadar.
Yang ketiga adalah gelombang tetta, seseorang dianggap telah memasuki gelombang tetta jika dia telah menutup mata atau tertidur, namun sebenarnya ia masih tersadar dan dapat menggerak-gerakkan bola matanya.  Dalam kondisi ini seseorang telah memasuki alam-alam mimpi atau alam bawah sadar dan berada dalam kondisi relaksasi.
Gelombang otak yang terakhir adalah gelombang delta. Gelombang ini merupakan gelombang yang memiliki frekuensi paling rendah diantara gelombang otak yang lain. Gelombang delta muncul pada saat kita tertidur sangat lelap atau tidak sadar sama sekali. Dalam kondisi di bawah sadar dan tidak bermimpi.
( dari beberapa sumber )
Nah, itulah empat gelombang yang terdapat dalam otak kita. Gelombang otak akan muncul pada kondisi yang berbeda-beda, tergantung aktivitas yang kita lakukan.

2 comments:

  1. Gelombang beta dapat mendukung proses kreatif sesuai huruf depan namaku ya.
    :D

    ReplyDelete