Friday, August 23, 2013

Investasi Telekomunikasi Seluler Tepat, Mobilitas Informasi Semakin Cepat, Perekoniam Daerahpun Terangkat

Investasi di bidang teknologi Informasi memang bersifat intangible alias tidak nyata, manfaat serta keuntungan yang didapatkan seringkali tidak berupa materi, namun berupa kepuasan pengguna serta efektifitas pekerjaan. Bagitu juga dengan investasi di bidang telekomunikasi khususnya telekomunikasi seluler. Handphone yang menjadi alat telekomunikasi selular beberapa tahun terakhir ini berkembang sangat pesat, pada era tahun 2000an handphone masih menjadi barang mewah, yang tidak semua orang bisa memilikinya. Namun sekarang handphone sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia. Perkembangan handphone atau sering pula disebut mobile phone memang begitu pesat saat ini, mulai muncul banyak teknologi mobile phone seperti smartphone dengan berbagai merk dan pilihan. Industri telekomunikasi selular, seperti penyedia jasa operatorpun semakin berlomba-lomba memanfaatkan kesempatan ini. Kesempatan inipun tak hanya dimanfaatkan oleh industry telekomunikasi saja, namun industri-industri lain dan bahkan pemerintah daerah juga mulai memanfaatkan peluang ini terutama untuk meningkatkan kinerja dan kepuasaan pelanggan serta masyarakat.

Bagi pemerintah daerah perkembangan teknologi informasi dan perangkatnya, saat ini membuat mereka harus memikirkan investasi apa yang tepat yang dapat meningkatkan kesejahteraan  dan ekonomi masyarakat. Investasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah biasanya hanya berupa perangkat komputer yang bahkan terkadang jarang digunakan. Investasi yang demikian tentu hanya akan membuang-buang uang saja bukan ? . Bahkan mulai sekarang hingga masa mendatang masyarakat akan lebih tertarik dengan teknologi mobile dengan aneka kemudahan dan fleksibilitasnya. Investasi dalam bidang telekomunikasi saat ini harus mulai bergerak ke arah yang lebih strategis, yaitu dengan memanfaatkan teknologi mobile dan internet Pemerintah daerah harus mulai membuka mata untuk berinvestasi ke arah telekomunikasi seluler. Telekomunikasi seluler menawarkan banyak kemudahan, selain alur informasi yang semakin cepat juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. 

Lalu bagaimanakah sebaiknya pemerintah daerah melakukan investasi telekomunikasi seluler agar manfaatnya bisa  terasa dan investasi yang dilakukan tidak sia-sia? Sebelum melakukan investasi pemerintah daerah semestinya harus melakukan survey terlebih dahulu teknologi selular seperti apa dan jumlahnya berapa yang dibutuhkan oleh daerahnya. Kebutuhan setiap daerah akan berbeda, semuanya tergantung pada tingkat ekonomi dan letak wilayah daerah tersebut. Daerah yang letaknya pelosok tentunya akan melakukan investasi yang lebih besar karena daerah tersebut sulit dijangkau. Begitupun daerah dengan tingkat perekonomian yang tinggi pasti akan melakukan investasi besar-besaran karena dana yang mereka milikipun juga besar.

Investasi telekomunikasi seluler secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi keadaan ekonomi suatu daerah. Dengan investasi telekomunikasi seluler yang tepat, aliran informasipun juga akan semakin cepat. Daerahpun juga dapat mnengembangkan sektor ekonomiannya dari investasi telekomunikasi seluler tersebut. Sektor perdangangan akan semakin maju seriring dengan pemakaian teknologi seluler. Pemerintah daerah di tingkat kabupaten misalnya akan lebih cepat dan mudah untuk berhubungan dengan daerah kecamatan serta desa-desa. Alur koordinasi akan semakin luwes dan cepat. Daerahpun juga dapat dengan mudah mengembangkan potensi yang dimilikinya. Daerah dengan produk unggulan hasil pertanian dapat memanfaatkan teknologi dan telekomunikasi seluler untuk memperkenalkan produk unggulannya tersebut. Begitu pula dengan daerah dyang memilki keunggulan paeriwisata, daerah tersebut dapat dengan mudah memperkenalkan potensi wisatanya ke seluruh dunia. Kemudahan pemasaran dan publikasi yang begitu cepat dan luas tentu saja akan menambah pendapat daerah tersebut, sehingga tingkat perekonomian daerah tersebut secara cepat ataupun perlahan akan meningkat. Sektor perekonomian adalah sector yang amat vital, keberhasilan sektor ekonomi suatu daerah akan menggambarkan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut. 

Namun sekali lagi investasi dalam bidang teknologi informasi manfaatnya tidak dapat dapat dirasakan secara langsung, investasi yang salah tidak akan membawa keuntungan, tapi malah akan membuang-buang uang. Oleh karena itu analisis dan perhitungan yang tepat harus dilakukan sebelum berinvestasi.

2 comments: