Wednesday, June 13, 2012

SFB ( Seru Fun Bersahabat )

 


Halo sahabat blogger, sudah lama tidak mengunjungi dan berbagi cerita di blog ini. Setelah semester lalu blog ini berisi banyak cerita tentang mata kuliah Kemampuan Interpersonal ( KI ) yang super duper gokil, nah kali ini saya akan menulis lagi seputar mata kuliah tapi bukan KI. Mata kuliah yang akan sedikit saya ulas kali ini adalah Sistem Fungsional Bisnis jilid 2 lanjutan dari Sistem Fungsional Bisnis jilid 1 di semster 1 lalu.
Semakin tinggi levelnya semakin sulit dan semakin banyak pula tantangannya begitu juga dengan SFB jilid 2 ini, materi yang diajarkan jauh berbeda dengan SFB jilid 1. Kalau di jilid 1 dulu kami belajar tetang perusahaan, bagaimana mengelola perusahaan, bahkan sampai membangun sebuah perusahaan kopi sederhana. Berbeda halnya dengan jilid 2 mata kuliah SFB ini, di sini kami belajar banyak tentang akuntansi, sangat asing memang di Institut Teknik seperti ITS ini bisa belajar akuntansi.

Akuntansi sangatlah asing bagi kami yang notabene berasal dari SMA jurusan IPA, termasuk saya. Pada awalnya saya mengalami banyak kendala dalam mata kuliah ini, terang saja sejak SMA tidak pernah tahu apa yang namanya neraca, ekuitas, akun dan lainnya, yang saya tahun semasa SMA seputar larutan, neraca pegas, limit dll. Hmm... dari belajar neraca pegas beralih ke belajar neraca keuangan. Tapi kenyataannya akuntansi ternyata tidak se - ngeri yang saya fikirkan, sedikit demi sedikit saya bisa mengimbangi diri saya dengan teman-teman lulusan SMA jurusan IPS yang sudah lebih dulu menganal akuntansi.

Akuntansi menjadi mata kuliah yang menyenangkan bagi saya, meskipun terkadang tugasnya sangat banyak dan cukup rumit. Namun kelas saya adalah kelas SFB yang sangat beruntung, SFB kelas A mempunyai dosen yang sangat cantik dan baik hati, beliau adalah Bu Raras. Selain cantik dan baik hati beliau juga sangat kreatif dan pintar, beliau lulusan Pusan University Taiwan jurusan bisnis manajemen. Bu Raras selalu memberikan suasuana kuliah yang berbeda, mulai dari kuis yang sangat kreatif sampai pembelajaran dengan menggunakan game Wii. Suatu kali pernah diadakan kuis berkelompok yang diberi nama kuis amazing race, kuis tersebut sangat melelahkan namun juga sangat menyenangkan . Kertas yang berisi pertanyaan disebar ke beberapa dosen di jurusan kemudian kita harus mencari pertanyaan tersebut sesuai dengan urutan yang telah ditentukan.

Materi yang kami pelajari di SFB jilid 2 ini terbagi menjadi 2 jilid juga, jilid pertama kami belajar seputar penganggaran perusahaan, di sini yang dipelajari adalah jenis-jenis penganggaran serta langkah-langkah menyususn penganggaran tersebut. Penganggaran sendiri materinya cukup banyak mulai dari anggaran jualan, anggaran produk, anggaran bahan baku, anggaran laba-rugi dan masih banyak lagi. Untuk jilid pertama ini saya  memfotokopi buku Penganggaran Perusahaan karya M.Nafarin dan sebenarnya saya rugi telah memfotokopi buku tersebut, karena harganya hanya selisih lima Rp 5000,00 dengan harga buku yang asli.  Di bab penganggaran ini kami juga belajar macam-macam jenis biaya seperti Biaya Overhead Pabrik ( BOP ),  Biaya Tenaga Kerja Langsung ( BTKL ) dan banyak lagi yang lain.

Sedangkan di SFB jilid 2 kami belajar beberapa hal seputar akuntansi, seperti neraca, laporan rugi-laba, serta laporan perubahan modal, kami juga belajar tentang aktiva, passiva, equitas, liabilities, utang, piutang dan masiiihhh banyak lagi. Meskipun terdengar begitu asing, namun saya merasa cukup tertarik dengan akuntansi.

Di akhir mata kuliah ini kami juga mendapat sebuah hadiah yaitu Final Project sama halnya dengan mata kuliah yang lain. Final Project untuk SFB jilid 2 sendiri adalah membuat analisis laporan keuangan suatu perusahaan, kami tiap-tiap kelompok berperan sebagai seorang konsultan keuangan yang memiliki kredibilitas, terdengar cukup keren memang, tapi cukup sulit ternyata hehe. Tapi saya dan kelompok saya akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk Final Project ini. Cayoooo... :D

Sekian tulisan saya seputar mata kuliah SFB jilid 2, terima kasih Bu Raras yang selama ini telah membimbing kami dengan penuh kesabaran hehe. Terima kasih juga untuk teman-teman kelompok 7, tetap semangat perjuangan kita belum berakhir, masih ada Final Projet \(^^)/

No comments:

Post a Comment