Sunday, January 29, 2012

Waktu Luang Yang Bisa Menghasilkan Uang

Apa yang biasa teman-teman lakukan di waktu luang? 
Sebagian besar teman-teman mahasiswa mungkin akan berfikir waktu luang adalah waktunya bersenang-senang, melepas penat, dan membuang segala bentuk kesibukan kuliah.
Sebagian besar mahasiswa akan menghabiskan waktu luang mereka untuk jalan-jalan bersama, shoping, hunting makanan, atau nonton di bioskop, itu untuk mereka yang mungkin sedang punya uang lebih. Namun, untuk mereka yanng uang bulanannya pas-pasan mungkin hanya akan berdiam di kos sambil online facebook, twitter, nge-blog atau bermain game online dengan sisa masa berlaku modem unlimitednya, nah bukankah hal tersebut hanya akan membuang waktu saja dan tidak produktif sama sekali?

Kebiasaan online di kalangan mahasiswa ataupun masyarakat pada umumnya hampir tidak pernah dimanfaatkan dengan baik, mungkin hanya sebagian kecil pengguna internet yang menggunakan media online tersebut secara produktif, sebagian besar dari mereka hanya menggunakan internet untuk bersenang-senang dan mencari hiburan, padahal dari media online tersebut kita bisa menghasilkan banyak uang, salah satunya dengan bisnis online. 
Bisnis online sangat mudah dan praktis dilakukan di waktu-waktu luang, bisnis online ini sangat cocok untuk mahasiswa yang ingin mulai merintis usaha sendiri dan belajar menjadi entrepreneur muda. Usaha yang dibuka melalui bisnis online akan lebih cepat terkenal daripada bisnis offline, hal ini terkait dengan pengguna internet yang semakin hari terus meningkat. Banyak jenis usaha yang bisa dilakukan melalui bisnis online, mitra kerjapun juga tidak akan terbatas. Media promosipun juga tak kalah banyak jumlahnya, kini mulai banyak jejaring sosial seperti twitter, facebook, plurk, google plus dan berbagai jenis jejaring sosial lainnya yang sekarang sudah mulai dimanfaatkan oleh para pebisnis online untuk memperkenalkan produk dan jasa mereka kepada masyarakat.

Sebagai seorang mahasiswa yang selalu berfikir kritis dan inovatif, hal ini pastinya akan menjadi peluang yang sangat besar untuk mulai mengasah soft skill dan jiwa entrepreneur. Di era seperti ini yang dicari bukanlah orang-orang biasa dengan ide-ide yang biasa-biasa saja, namun orang-orang yang berani tampil beda dengan ide-ide yang inovatif dan kreatif. 
Sudah banyak cerita-cerita para entrepreneur muda yang notabene adalah mahasiswa yang sukses karena inovasi dan ide-ide mereka yang kreatif, sebagian dari mereka dari awal memang sudah merintis bisnis secara online, namun sebagian lagi memulainya dari bisnis offline yang kemudian berkembang menjadi bisnis online.

Namun jangan mudah tergiur dengan tawaran-tawaran instant di internet yang mengajak untuk berbinis online. Teliti dan hati-hati sebelum menjalin kerja sama dengan orang lain, akan lebih baik lagi jika bisnis online yang dibangun adalah hasil usaha, inovasi , serta kreatifitas sendiri. Tampilkan dan hadirkan hal yang baru dan unik. 

Mulai membangun karir dari hal kecil, kenapa tidak? 
Mengasah soft skill sebelum terjun di dunia kerja akan sangat menyenangkan bukan?
Sebagai langkah awal untuk belajar berbisnis online, teman-teman bisa bergabung dengan Sekolah Blog ( http://www.astamediagroup.com/whatweprovide/blogging-school ) . 

Selamat mencoba dan mulailah merintis usaha dan menjadi seorang entrepreneur muda.
Mahasiswa pasti bisa !!


1 comment: