Saturday, December 10, 2011

Membangun Persepsi Positif

Apa yang ada dalam fikiran anda ketika anda melihat gambar-gambar di bawah ini ?







Masing-masing dari anda pasti menjawab dengan jawaban yang berbeda-beda, apakah yang menyebabkan perbedaan tersebut muncul? Perbedaan tersebut muncul karena adanya perbedaan persepsi. Lalu apakah makna dari persepsi itu sendiri? Persepsi merupakan suatu proses dimana seseorang menginterpretasikan kesan-kesan sensoris guna memberikan arti bagi lingkungan mereka ( wikipedia ). Jadi secara singkat persepsi dapat diartikan sebagai cara pandang seseorang terhadap suatu ojek atau permasalahan tertentu atau dapat juga diartikan sebagai anggapan yang muncul dalam diri seseorang atas apa yang dia lihat. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang antara lain lingkungan, pengalaman, pengetahuan atau ilmu dan mind set seseorang. Dalam kehidupan sehari-hari perbedaan persepsi sering kali menimbulkan permasalahan bahkan terkadang menimbulkan perpacahan antara kedua belah pihak yang berbeda persepsi. Sering kali persepsi dapat pula diartikan sebagai sebuah prasangka terhadap suatu hal. Persepsi negatif yang muncul terhadap suatu objek atau masalah itulah yang terkadang dapat menumbulkan perpecahan.Persepsi setiap orang memang berbeda dan persepsi juga diartikan sebagai suatu hal yang tidak dapat ditentukan benar atau salah, maksudnya tidak bisa selalu dibenarkan ataupun disalahkan. 

Kalau begitu bagaimanakah caranya membangun persepsi yang positif? 
Persepsi positif akan muncul dengan sendirinya dalam diri seseorang jika orang tersebut selalu membawa fikirannya ke arah yang positif. Mereka yang sudah terbiasa berfikir positif akan melihat hal-hal dari sudut pandang plus , bukan sudut pandang yang jelek. Hal kedua yang harus dilakukan untuk membangun persepsi yang positif adalah dengan melihat suatu objek, hal atau masalah secara keseluruhan, bukan secara parsial. Seseorang yang hanya melihat hal-hal dari satu sudut pandang saja pasti tidak akan menyimpulkan sesuatu secara tepat. Jadi secara umum hanya ada dua hal yang dibutuhkan untuk membangun sebuah persepsi yang positif. Jika kita bisa membiasakan diri untuk membangun dan berfikir secara positif pasti hidup kita akan lebih bahagia, karena tidak ada prasangka-prasangka buruk yang masuk dalam fikiran kita.
Nah bagaimana jika persepsi negatif itu masih muncul? Jika anggapan kita terhadap suatu hal masih saja negatif, cobalah untuk berdiskusi dengan orang-orang yang memiliki persepsi positif terhadap hal tersebut, dengan begitu anda akan mengetahui hal-hal baik yang mungkin selama ini luput dari penglihatan anda. 

Nah begitulah sedikit penggambaran mengenai persepsi.
Jadi biasakanlah untuk membangun persepsi positif mulai dari sekarang ...  :D

No comments:

Post a Comment

Post a Comment