Monday, December 5, 2011

Mari Wujudkan Indonesia Zero Aids ( memperingati Hari Aids Sedunia 1 Desember 2011 )




Kamis lalu tepatnya tanggal 1 Desember 2011 adalah peringatan Hari Aids Sedunia ( HAS ). Tema internasional yang diusung tahun ini adalah “ Zero new HIV infection. Zero discrimination. Zero Aids-related deaths” . Sedangkan Indonesia sendiri mengusung tema “ Penanggulangan HIV Aids di Tempat Kerja Sebagai Bagian dari Peningkatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja ”.

HIV, suatu virus yang beberapa tahun terakhir ini menjadi topik yang hangat dibicarakan di Indonesia maupun di kancah internasional. HIV atau Human Immunodeficiency Virus adalah virus yang menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh manusia. Virus ini sangatlah berbahaya dan pada akhirnya bisa menyebabkan kematian pada para penderitanya. HIV dapat ditularkan melalui hubungan seksual, penggunaan narkoba demean jarum suntik, dan sebagainya. Sel ini terutama terdapat pada cairan tubuh manusia yaitu pada cairan sperma, cairan vagina, darah, dan air susu.

Beberapa menit yang lalu saya sempat membaca hasil laporan kementerian kesehatan Republik Indonesia mengenai HIV-aids untuk triwulan kedua tahun 2011 ini.  Sangat memprihatinkan, jumlah penderita aids di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Dari data, penderita aids di Indonesia didominasi oleh kaum pria yaitu sekitar 64,9% , sedangkan untuk kaum wanita sekitar 35,1 %.  Virus HIV sendiri mayoritas ditularkan melalui hubungan heterosex, sedangkan dari segi umur penderita Aids di Indonesia mayoritas berumur 20-29 tahun, sedangkan untuk usia 30-39 tahun menempati posisi kedua. Dari narasi data tersebut dapat disimpulkan bahwa kaum pria atau orang-orang yang berada pada usia produktif sangat rentan terjangkit aids.

Virus HIV merupakan virus yang tak terduga kapan datangnya, bahkan beberapa penderita aids tidak menyadari kalau dalam sel kekebalan tubuhnya sudah disisipi virus aids. Hmm… sebagai generasi penerus, kita berkewajiban untuk menyelematkan negeri ini dari ancaman aids. Bagaimana caranya? Mudah saja, pertama yang harus kita lakukan adalah menyelamatkan diri kita sendiri dari aids, kita harus benar-benar membentengi diri kita agar kita tidak terjangkit virus mematikan tersebut. Kedua, kita selamatkan generasi yang belum terjangkit dengan melakukan berbagai macam penyuluhan dan pencegahan aids, bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?. Hal terakhir yang perlu kita lakukan adalah melindungi mereka yang sudah terjangkit, memberikan motivasi serta dukungan moral dan spiritual agar mereka tidak putus asa dalam menjalani hidupnya.  Hemm…. Sepenggal lirik lagu dari Katon Bagaskara dan Ruth Sahanaya agar kita lebih peduli pada saudara-saudara kita yang terkena aids.

…………………………………………………
Letakkanlah tanganmu di atas bahuku
Biar terbagi beban itu dan tegar dirimu
Di depan samar cahya kecil tuk memandu
Tak hilang arah kita berjalan menghadapinya
Sekali sempat kau mengeluh kuatkah bertahan

Satu persatu jalinan kawan berajak menjauh
Kudatang sahabat bagi jiwa saat bathin merintih
Usah kau lara sendiri masih ada asa tersisa

Tak hilang arah kita berjalan menghadapinya

Usah kau simpan lara sendiri


Mari kita wujudkan Indonesia zero aids mulai sekarang :D

2 comments:

  1. Iya, pas tanggal 1 des di surabaya yang ngadain acara anak AIESEC pas hari aids.

    ReplyDelete
  2. wahh begitu ya... semoga dalam waktu dekat indonesia menjadi negara zero aids :D

    ReplyDelete