Sunday, December 11, 2011

Berbicara Efektif, Tidak Berbelit-belit



Pernahkah anda merasa bosan saat  berbicara dengan seseorang? Pernahkah anda merasa bahwa orang tersebut berbicara terlalu berbelit-belit dan sulit dimengerti? atau malah sebaliknya, orang-orang merasa bosan saat anda ajak bicara, karena kalimat anda yang berbelit-belit dan tidak mudah dipahami.
Hal demikian sangat sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, saat seseorang berbicara panjang lebar dan tidak penting, bahkan mutar sana-sini dan tidak langsung ke pokok persoalan, hal demikian membuat orang yang diajak bicara merasa bosan bahkan merasa jengkel.

Untuk mengatasi hal yang demikian, sebaiknya kita mulali melatih diri untuk berbicara secara efektif, dengan teknik berbicara efektif si lawan bicara akan lebih mudah menangkap maksud dan pesan yang ingin kita sampaikan. Jika maksud yang tersampaikan itu salah, maka sudah pasti akan menimbulkan penafsiran yang keliru dan mungkin saja sampai menimbulkan fitnah. 

Lalu bagaimanakah teknik berbicara yang efektif itu? 
Berbicara efektif adalah berbicara yang jelas, padat, singkat, lugas serta mudah dimengerti oleh lawan bicara sehingga maksud dan pesan yang ingin kita sampaikan bisa ditangkap oleh si lawan bicara. Meskipun terdengar sangat sederhana dan mudah, tidak banyak orang yang bisa mempraktikkan berbicara efektif dalam berbagai kondisi. Hal yang perlu kita perhatikan saat berbicara adalah topik pembicaraan yang akan kita sampaikan pada si lawan bicara, jangan sampai kita bicara ngalor-ngidul  tak tentu arah dan tidak tahu pokok permasalahan yang akan kita bicarakan. Hal berikutnya adalah tujuan atau maksud kita berbicara pada si lawan bicara, hal ini sangat penting, karena tujuan itulah yang akan membuat si lawan bicara merasa perlu mendengarkan apa yang ingin kita bicarakan. Suatu hal akan mendapat peratian lebih dari seseorang jika hal tersebut dianggap penting dan bisa membawa manfaat bagi dirinya. Selanjutnya penggunakan kata dan intonasi saat bicara. Dengan pemilihan kata yang baik dan sederhana, lawan bicara akan lebih mudah menangkap pesan yang kita sampaikan, selain itu gunakan kata atau kalimat sesuai dengan pengetahan orang yang kita ajak bicara, jangan sampai menggunakan kata-kata tingkat tinggi agar terlihat lebih keren, sedangkan lawan bicara kita tidak mengerti apa yang kita bicarakan. Intonasi juga perlu diperhatikan saat kita berbicara denagn orang lalin, hal tersebut berperan agar si lawan bicara merasa nyaman saat berbicara dengan kita. Intonasi yang enak di telinga pendengar, akan membuat lawan bicara lebih fokus dan berempati ketika mendengarkan apa yang kita bicarakan.

Nah, itulah sedikit tips agar kita bisa berbicara lebih efektif dan aspirasi kita bisa didengar oleh orang lain.
Selamat berlatih. 

Di dunia ini memiliki beberapa macam orang bijaksana. Orang yang terbijaksana tidak suka berbicara, kalau berbicara karena ia diminta orang untuk berbicara. -Guru Ching Hai.

2 comments:

  1. wah makasih bung,, wah sudah lama niy gag main ke blogmu.. main ke sana dulu ah hehe

    ReplyDelete