Sunday, October 30, 2011

Kuliah tamu di Sistem Informasi

Menulis Ilmiah Populer Itu Gampang ..

Hari Jum’at lalu jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh November mengadakan kuliah tamu bersama dengan  mendatangkan seorang narasumber  yaitu bapak Rudi Santoso.
Kuliah yang berlangsung selama  kurang lebih 2 jam ini membahas banyak hal tentang menulis ilmiah populer. Hal yang dibahas dalam kuliah kali ini sangatlah menarik, Mahasiswa diajak dan dimotivasi untuk menulis dan berusaha menggali ide, kemudian menuangkan ide-ide tersebut dalam bentuk tulisan. Pak Rudi menjelaskan bahwa menulis itu menyenangkan dan tidaklah sulit. Kita hanya butuh latihan secara rutin agar dapat menghasilkan suatu tulisan yang unik dan menggigit, Bukan hanya tulisan-tulisan biasa yang kurang berbobot dan tidak menarik minat pembaca. Kita bisa mulai belajar menulis dengan menulis hal-hal yang sederhana dan biasa kita lakukan sehari-hari, jadi mungkin pada awalnya kita hanya menulis kegiatan sehari-hari dalam bentuk diary kemudian semakin lama kita bisa mengembangkan tulisan kita dengan mulai menulis hal-hal yang lebih luas.
Topik yang dibahas dalam kuliah kali ini hanya sebatas menulis ilmiah populer, bukan menulis tulisan semacam novel, cerpen atau menulis hal-hal yang bersifat fiksi lainnya.  Meskipun begitu para mahasiswa terlihat antusias dan sangat tertarik dengan materi kuliah kali ini.
Untuk  menghasilkan karya tulis ilmiah populer yang baik banyak aspek yang harus kita perhatikan antara lain pengggunaan istilah, idealisme, kepentingan pembaca, relevansi dan keaktualan informasi yang terkandung dalam tulisan kita. Dalam menulis ilmiah populer sebaiknya tidak perlu terlalu banyak menggunakan istilah-istilah asing apalagi istilah yang sulit dimengerti dan jarang ditemui oleh pembaca. Kita harus ingat kalau tulisan kita nantinya akan dibaca oleh masyarakat secara luas dan tentunya masyarakat awam, oleh karena itu buatlah tulisan dengan bahasa yang sederhana dan familiar di kalangan masyarakat. Carilah ide-ide yang unik dan mungkin lepas dari pandangan orang lain, sehingga tulisan kita menjadi berbeda dan akan lebih menarik minat pembaca.
Acara ini sangat memotivasi mahasiswa untuk selalu berfikir kritis terhadap lingkungan sekitarnya dan menuangkan gagasan serta pemikiran mereka tersebut dalam bentuk tulisan.
Buka fikiran melalui tulisan
Dan ubah dunia dengan membaca…
Vivat SI
Vivat ITS…
~xoxo~
littlerindang.blogspot.com








No comments:

Post a Comment